Mengenal Penyebab Batuk Berkepanjangan

Mengenal Penyebab Batuk Berkepanjangan

Mengenal Penyebab Batuk Berkepanjangan – Mungkin hampir semua orang pasti pernah mengalami penyakit batuk dan anda pasti mengharapkan obat batuk yang anda minumbisa membantu meredakan gejalanya. Terkadang batuk justru semakin menjadi-jadi dan terasa menyiksa, bukannya malah menjadi lebih baik. Jika penyakit batuk yang anda derita tidak kunjung sembuh selama lebih dari 8 minggu, maka berarti anda mengalami batuk kronis.

Mengenal Penyebab Batuk Berkepanjangan - Mengenal Penyebab Batuk Berkepanjangan

Menurut seorang petugas medis dari American Lung Association yang bernama Norma H. Edelman, MD menyatakan bahwa, batuk biasanya akan mengalami kesembuhan hanya dalam waktu empat minggu. Akan tetapi, tubuh anda biasanya akan terasa lebih baik dan sembuh setelah 7-9 hari.

Mengenal Penyebab Batuk Berkepanjangan

Apabila penyakit batuk anda ini tidak kunjung sembuh dan berlangsung selama lebih dari 8 minggu, maka hal ini pertanda bahwa anda terkena penyakit batuk kronis. Sedangkan pada anak-anak dapat digolongkan menjadi batuk krnosi apabila terjadi selama 4 minggu.

Penyakit batuk terus menerus atau kronis ini merupakan suatu kondisi yang tidak normal yang harus diwaspadai. Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa adanya kemungkinan penyakit bronkitis kronis, asam lambung, tuberkulosis, PPOK, asma, hingga kanker paru-paru.

Terdapat berbagai faktor penyebab yang bisa menimbulkan gejala batuk terus menerus ini. Mulai dari kebiasaan merokok atau terlalu sering terpapar asap rokok merupakan salah satu penyebab utama batuk kronis. Selain merokok, kurangnya minum juga dapat menyebabkan batuk terus-menerus dan tidak kunjung sembuh, bahkan dapat memperparah kondisi batuk dan juga flu. Berikut ini adalah beberapa Penyebab Batuk Berkepanjangan, diantaranya :

1. Infeksi Saluran Pernapasan

Ketika terkena penyakit flu, pilek, atau infeksi saluran pernapasan lainnya, kemungkinan anda juga akan mengalami batuk. Adanya virus penyebab batuk ini juga dapat menjadi pemicu hidung tersumbat sekaligus demam selama beberapa hari.

Pada saat pilek dan demam sudah mulai mereda, terkadang batuk masih saja ada dan tidak kunjung sembuh. Hal ini kemungkinan terjadi karean saluran udara paru-paru anda masih meradang. Keadaan ini biasa disebut dengan istilah postnasal drip.

2. Bronkitis Akut

Penyakit batuk tidak kunjung sembuh selama berminggu-minggu mungkin menjadi salah satu sinyal terkena bronkitis akut. Selain itu, penyakit yang juga dikenal sebagai flu pada dada ini terjadi akibat adanya peradangan dan pembengkakan pada saluran pernapasan yang terletak pada paru-paru.

Tidak hanya batuk, gejala dari bronkitis akut ini juga ditandai dengan adanya menggigil, sakit tenggorokan, demam, yang semuanya mirip seperti gejala flu biasa. Biasanya, gejala-gejala tersebut akan hilang hanya dalam beberapa hari saja, namun sayangnya anda mungkin akan mengalami batuk terus-menerus selama berminggu-minggu.

3. Asma Dan Alergi

Asma merupakan sebuah kondisi dimana peradangan dan pembengkakan kronis pada saluran udara di organ paru-paru. Tidak hanya ditandai dengan adanya sesak napas, batuk tidak kunjung sembuh-sembuh juga bisa menjadi pertanda bahwa anda mengidap asma, biasanya sering muncul pada saat malam hari.

Kemungkinan anda masih bingung pada saat menentukan apakah batuk kronis ini karena penyakit asma atau bukan. Untuk cara membedakannya sangat mudah, yaiut jika batuk anda semakin parah saat menyentuh bulu hewan, menghirup serbuk sari atau debu, maka batuk yang anda derita kemungkinan besar disebabkan oleh alergi atau pun asma.

4. Asam Lambung

Penyakit batuk yang tidak kunjung sembuh juga bisa menjadi pertanda bahwa anda mengalami GERD. Penyakit GERD sendiri merupakan suatu kondisi yang terjadi pada saat asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan terjadinya iritasi.

Kondisi dari gejala asam lambung ini mempunyai ciri khas yang pada umumnya ditandai dengan munculnya sensasi terbakar di bagian dada ( heartburn ). Tidak hanya itu saja, batuk tidak kunjung sembuh ini juga dapat menjadi akibat dari asam lambung naik. GERD sendiri bahkan termasuk salah satu penyebab batuk kronis yang cukup umu, tetapi sayangnya tidak diketahui penyebabnya sampai saat ini.

5. Polusi Udara

Adanya paparan polusi udara di sekitar lingkungan rumah dan tempat kerja, pada umumnya berupa bahan kimia atau partikel seperti nitrat dioksida, jamur, sulfurdioksida, dan debu. Bahkan, udara bersih yang terlalu kering atau terlalu dingin juga dapat memicu timbulnya penyakit batuk.

6. Obat Tekanan Darah

Terjadi penyakit batuk terus-menerus ini pada sebagian orang bisa disebabkan juga oleh mengkonsumsi obat medis tertentu. Terutama obat penghambat enzim pengubah angiotensin ( ACE inhibitor ) yang biasa diresepkan bagi pasien penderita tekanan darah tinggi atau gagal jantung.

7. Penyakit Paru Obstruktif Kronis ( PPOK )

Penyakit yang satu ini adalah salah satu penyebab batuk kronis yang cukup umum. Sedangkan PPOK ini adalah sebuah penyakit yang menyebabkan paru menghasilkan lendir secara berlebihan.

Hal ini tentu mengakibatkan tubuh akan mencoba membersihkan timbunan lendir tersebut dengan refleks batuk. Kerusakan jaringan paru akibat PPOK ini juga membuat penderitanya mengalami sesak napas di waktu yang sama jika dibiarkan lama.

8. Pertuis

Batuk rejan atau biasa disebut dengan istilah pertuis ini merupakan sebuah penyakit pernapasan yang sangat menular melalui mulut dan juga hidung. Pertuis ini biasanya ditandai dengan terjadinya batuk parah yang tidak kunjung sembuh selama berminggu-minggu hingga menyebabkan kesulitan untuk bernapas. Ketika mencoba menarik napas, maka akan terdengar suara tarikan napas dengan bernada tinggi yang khas. Selain itu, dada juga akan menjadi terasa sesak dan disertai dengan batuk yang parah yang tidak kunjung sembuh.

9. Gagal Jantung

Gagal jantung ini dapat menyamar sebagai penyakit paru-paru dengan gejala batuk yang terjadi secara terus-menerus yang disertai dengan sesak napas. Gejala dari gagal jantung dan paru dapat dibedakan dengan ciri khasnya masing-masing.

Sesak dan juga batuk yang menjadi semakin berat pada saat berbaring telentang, dan adanya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu merupakan ciri khas dari gejala penyakit gagal jantung.

10. Kanker Paru-Paru

Secara umum, batuk terus-menerus yang disebabkan oleh kanker paru-paru ini juga disertai dengan adanya gejala lain, seperti nyeri dada, penurunan berat badan yang tidak jelas penyebabnya, dan batuk berdarah.

( Baca Juga : Obat Herbal QnC Jelly Gamat )

Itulah beberapa informasi kesehatan tentang Mengenal Penyebab Batuk Berkepanjangan. Apakah anda ingin sembuh dari penyakit batuk menahun ini secara cepat, aman, alami, murah, dan efektif ? Segera konsumsi obat herbal Qnc Jelly Gamat sekarang juga secara rutin dan teratur.

Anda Penasaran Dengan Obat Herbal Tersebut ? Ingin Segera Memesan, Membeli, dan Mengobati Penyakitnya Sekarang Juga ? Untuk Informasi Lebih Lanjutnya, Silahkan Klik Disini –> Obat Batuk Menahun di Apotik

Demikialah informasi yang dapat disampaikan mengenai Mengenal Penyebab Batuk Berkepanjangan. Semoga dengan hadirnya informasi kesehatan ini dapat membantu menjembatani proses penyembuhan penyakit yang sedang anda derita aamiin. ~SEMOGA LEKAS SEMBUH~

Baca Juga :

Obat Batuk dan Panas Dingin di Apotik

Obat Kolera Di Apotik

Cara Mengobati Jantung Koroner Secara Alami

Obat Campak di Apotik

Obat Tradisional Asma di Apotik

Pengobatan Antraks Secara Alami

Posted by : Agen Pusat Herbal Tasikmalaya

Mengenal Penyebab Batuk Berkepanjangan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*